mommy.vanessa’s Blog

vestika says-WordPress.com weblog

waterbirth or caesar? April 23, 2009

Filed under: My Stories — vestika @ 14:30

Rencananya sih mau coba melahirkan dengan metode baru “waterbirth” denger2 metode ini bisa mengurangi rasa sakit melahirkan sampai dengan 80% wah… makin pengen kan akhirnya setelah browsing di internet, dokter kandungan dan rumah sakit yang menyediakan metode ini cuma beberapa salah satunya adalah klinik Sammarie di wijaya dengan Dokter kandungan dr.Oetamar. Jadilah sejak 7 bulan didlam kandungan vanessa mami bawa kontrol ke dr. otamar orangnya baik deh.. dan sabar… tapi yang bikin males cuma satu.. Ngantrinya booooo… beliau memang fav doctor di sammarie, aduh ampun deh daftar jam sepuluh bisa bisa masuk jam 4-5 sore. soalnya di sam marie gak bisa yang sistem booking by phone atau didaftarin orang lain mommy musti dateng duluan buat ditimbang dan diukur tensinya baru deh dapet nomor.. makanya biar ga bete nunggu lama, mami pas kontrol tiap sabtu pagi dianter papi buat daftar trus kita pulang lagi (gak lupa mampir dulu di soto kudus blok m depan hmmm… jadi pengen.) trus nanti sekitar jam 12an baru mami dianter uti buat control biasanya kalo caranya begini pasti cepet deh nunggunya.. pulangnya biasa mami sama uti mampir ke ambasador buat beli pernak pernik nessa..

akhirnya setelah mantab mau water birth, mami mengikuti saran om dr.oetamar untuk ikut senam hamil katanya kalo mau lancar waterbirthnya wajib senam hamil padahal mami males bgt.. nah pada saat senam hamil itu mami ketemu sama mami2 lain dan ngobrol2, dari ngobrol2 itu mami baru ngeh kalo mami itu bekas minus 8 walaupun sudah dilasik jadi sangat beresiko untuk mengejan, akhirnya minggu depan pas kontrol lagi mami tanya ke dokter bagaimana dengan resiko melahirkan waterbirth tapi dengan mata bekas minus 8, dr otamar menyarankan mami untuk diskusi dulu dengan dr mata karena menurut beliau pada intinya waterbirth sama saja dengan melahirkan normal memang tidak harus mengejan cukup pernapasan saja, tapi yang namanya melahirkan secara normal kalau nanti ada kesulitan pasti dr akan suruh kita untuk mengejan jadi untuk retina yang tipis beresiko juga. walaupun dr otamar bilang beliau juga pernah membantu mami lain yang minus 7 melahirkan secara normal. jadi semuanya kembali ke si ibu berani ambil resiko atau tidak.. tapi kalau resiko yang diambil adalah kemungkinan jadi buta hii… mendingan gak deh…

setelah mami konsultasi dengan dr Iskandar (dr lasik mami dulu) kata beliau retina mata mami sgt tipis jadi punya resiko tinggi untuk melahirkan secara normal ataupun waterbirth. akhirnya mami putuskan untuk ga ambil resiko apapun dan mami melahirkan secara caesar.. tadinya berat sekali mau putusin ini krn mami pengen bgt melahirkan normal biar mami bisa tau rasanya menyambung nyawa untuk anak tapi kata2 dr otamar berhasil ngeyakinin mami. waktu itu dr otamar bilang “untuk menjadi seoran ibu bukan bagaimana cara kita melahirkannya tapi menjadi ibu adalah bagaimana kita mendidik seorang anak”

akhirnya tgl 15 Des 2008 jam 12.31 pm, anak mami Alyka Syafa Vanessa Putri lahir ke dunia ini dengan operasi caesar. berat 3.1kg, panjang 46 cm. prosesnya lancar alhamdulillah semoga vanessa bisa jadi anak yang sholeha dan menyayangi semua umat. fyi.. caesar gak sakit, katanya kalo pasca operasi sakitnya minta ampun, mami kok gak ya? orang besoknya udah bisa turun dari tempat tidur dan gendong anak mami.. apa karena dr nya dr. otamar ya? ciee ga promosi loh

 

2 Responses to “waterbirth or caesar?”

  1. Iwase Says:

    kan yang saranin water birth kan gw :p


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s